Tuesday 24 February 2015

Cara Mengatasi Pesan Kasalahan "Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat" Saat Mengunduh Aplikasi Di PlayStore

Cara Mengatasi Pesan Kasalahan "Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat" Saat Mengunduh Aplikasi Di PlayStore
Cara Mengatasi Pesan Kasalahan "Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat" Saat Mengunduh Aplikasi Di PlayStore
Pernah mengalami masalah gagal download aplikasi dari PlayStore gara-gara memory penuh? ketika selesai mengunduh aplikasi dari PlayStore tiba-tiba muncul pesan kesalahan "tidak cukup ruang pada perangkat", padahal memori internalnya dirasa masih cukup banyak? hemm, oke saya akan membagikan tips mengenai Cara Mengatasi Pesan Kasalahan "Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat" Saat Mengunduh Aplikasi Di PlayStore.


Sebenarnya masalah ini terjadi bukan karena kesalahan sistem atau ada kerusakan pada Android Anda. Tapi hal ini terjadi jika sisa internal memory yang digunakan untuk system atau instal aplikasi sudah memasuki batas minimal dari kapasitas yang di tentukan oleh pihak vendor si pembuat smartphone, atau memang aplikasi yang akan Anda download kapasitasnya lebih besar dari ruang memory yang tersisa, dan hal ini sangat wajar jika muncul pesan kesalahan seperti itu.

Nah, yang jadi pertanyaan biasanya internal masih cukup banyak kok tetep gak bisa instal? sebelum menjawab pertanyaan itu, musti di lihat dulu, maksudnya internal yang mana nih? internal untuk system/instal aplikasi, atau internal untuk penyimpanan data seperti musik, foto, video dan file lainnya?

Karena tidak semua ruang yang disediakan pada internal memory Android itu, semuanya bisa digunakan untuk tempat instal aplikasi/system (khususnya pada device Android produksi Lenovo), hanya beberapa persen saja yang digunakan untuk tempat instal aplikasi/system, selebihnya digunakan untuk ruang penyimpanan data seperti foto, musik, video dan file lainnya. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah.

Cara Mengatasi Pesan Kasalahan "Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat" Saat Mengunduh Aplikasi Di PlayStore
Penyimpanan Internal Android

- Angka pada kotak merah diatas menunjukkan total ruang penyimpanan internal yang tersedia khusus untuk menyimpan data seperti foto, musik, video dan file lainnya.
- Pada kotak biru disana bisa dilihat penyimpanan sistem dengan total ruang 0,98GB dan tersedia 74,82MB, Nah, ruang penyimpanan inilah yang di khususkan untuk tempat instal aplikasi/system.

Cara Mengatasi Pesan Kasalahan "Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat" Saat Mengunduh Aplikasi Di PlayStore

Untuk mengatasi masalah pesan kesalahan "tidak cukup ruang pada perangkat" maka Anda harus lihat dulu sisa internal aplikasi yang khusus digunakan untuk instal aplikasi, dalam gambar diatas masih tersedia 74,82MB, artinya jika Anda menginstal aplikasi lebih dari 74,82MB, maka otomatis Android Anda akan mengeluarkan pesan kesalahan tersebut, atau bisa juga file yang akan Anda download dari PlayStore itu nantinya jika diinstal akan membuat sisa kapasitas internal memorinya melebihi batas minimal dari sisa internal memory yang telah ditetapkan vendor pembuat smartphone. 

Jika memang kapasitas internal memory Anda sudah menipis, Anda bisa menentukan lokasi penginstalan untuk aplikasi yang baru saja di download ke penyimpanan eksternal, pada kotak hijau "lokasi pemasanagan yang disukai" Anda pilih saja Memory Card, dengan begini setiap aplikasi baru yang Anda instal maka lokasi penyimpanan data nya ada di External Memory.

Atau cara lainnya adalah dengan memindahkan data dari aplikasi yang sudah diinstal di Internal memory ke Memory Card, caranya masuk ke setting-apps/manajemen app/aplikasi-Anda pilih aplikasi mana saja yang bisa dipindah ke Memory Card.

Cara Mengatasi Pesan Kasalahan "Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat" Saat Mengunduh Aplikasi Di PlayStore
App Info
Biasanya untuk aplikasi yang bisa dipindahkan maka pada pilihan "Move to SD card" bisa di pencet, namun ada beberapa aplikasi yang memang tidak diperbolehkan untuk di pindahkan.

Cara terakhir yaitu uninstall aplikasi yang dirasa tidak penting/jarang digunakan, langkahnya sama seperti cara diatas, cuma yang dipilih adalah Uninstall.

Itu tadi beberapa tips mengenai Cara Mengatasi Pesan Kasalahan "Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat" Saat Mengunduh Aplikasi Di PlayStore, tetap kunjungi teknotipsntrick untuk mendapatkan berita terbaru seputar dunia teknologi dan tips menarik lainnya, semoga bermanfaat.





Cara Mengatasi Pesan Kasalahan "Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat" Saat Mengunduh Aplikasi Di PlayStore Rating: 4.5 Diposkan Oleh: L. Arif Rahmadi

34 comments:

  1. Punya saya ada penyimpanan kosong 400 mb. Tapi pas mau download aplikasi 4 mb aja kagak bisa. Merek hape saya Lenovo A7000. Juga gak bisa di simpan di SD card. Bisa dijelaskan gimana penyelesainnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama hp gua juga Lenovo A7000 Mau downloads get rich kgk bisa bisa

      Delete
    2. Sama hp gua juga Lenovo A7000 Mau downloads get rich kgk bisa bisa

      Delete
    3. Sama gw jg kyk gitu ,padahal gw udh pke sd card ,penyimpanannya jg udh diatur ke sd card tpi pas mau download di playstore malah masuk ke internal bkn sd card ,ada yg tau caranya??

      Delete
    4. Gw juga samaaa lenopo tujuh rebu. Knapa ya kaya gtu? Padahal dah gw uninstall bbrp aplikasi. Dan knp masuknya ga ke memory eksternal. Pdahal masih banyak memoryny

      Delete
    5. Ngeselin emang nih A7000 hp gua juga kayak gitu.hape gagal

      Delete
    6. 400 MB itu masih kurang kak, standar MB yg tersisa harus di atas 500 MB. 536 mb misalnya

      Delete
  2. ane juga bgitu , hh ane neo 3,pdahal sisa nya masih 500mb

    ReplyDelete
  3. Aku lenovo a7000 . tmpat penyimpanan udah ane atur di exsternal ruang masih 1,75gb internal 478mb .. Tapi ttp muncul tulisan .. Tdak cukup ruang .. Gmana tugan solusinya ...

    ReplyDelete
  4. Saya 1 gb lebih di internal dan 2gb di eksternal msih tidak bisa instal. Tpi anehnya saya download file apk dn instal tanpA playstore lancar

    ReplyDelete
  5. Punya saya sudah disetting utk pnyimpanan memory card tp pas download ttp aja "tdk ckup ruang perangkat" (>_<)

    ReplyDelete
  6. Kalau saya lebih aneh lg.
    Memori internal free total 6,73GB..
    Memori Eksternal Free 12,10GB..
    Semua aplikasi sudah dipindahkan ke SDcrad(Memori Eksternal), masa iya install BBM ga bisa -__-"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sistem partisi Storage Android sama halnya dengan Windows, yakni terbagi menjadi beberapa pastisi.
      Sebenarnya yg menjadi masalah agan2 bukan di internal Strorage, tetapi di partisi SYSTEM MEMORY agan yg kepenuhan.
      sebagai Contoh, agan Beli HP dan tertera Spesifikasi Internal 16GB, tapi pas dilihat di File manager kok cuma 12GB yg bisa diisi. nah disitulah 4GB merupan partisi untuk Menjalankan SYSTEM Android.
      Secara tampilan yg Memory SYSTEM 4GB ini pasti gak terlihat. tapi realnya ini ada loh. dan saya rasa Partisi SYSTEM agan sudah kepenenuhan.
      SOLUSInya, agan Re-Partition lagi Androidnya. Pada saat ngepartisi Buat Size Partisi System yg agak gede dari pastisi system awal (4GB) menjadi (6-7GB)an. resikonya ya internal storage agan jadi kepotong (10-9GB)-an. tetapi dengan keuntungan Anroid agan menjadi lebih lega setelah itu. dan jikalaupun internal storage agan menipis masih bisa di ekspansi dengan memory eksternal.

      Delete
    2. Masalahnya ini hp bro bukan pc/laptop, cara nambah partisi gak segampang di laptop/pc

      Delete
  7. Hp saya asus, ruang penyimpanan saya tinggal 1,8 gb dari 16 gb, padahal apl dan conten media semua terhitung tidak sampai 4 gb, berarti lebih dari 10 gb yang tidak jelas, tolong solusi y bagi tau

    ReplyDelete
  8. pny sy lokasi penyimpanannya sdh dipindahkan ke memory card tp ttp sj ada pesan kesalahan spt itu mskipun sdh sy restart jg

    ReplyDelete
  9. Punya saya 16gb, yang aplikasi 1,5gb, yang file pengguna 2,5gb, yang free 1gb, yang system 9,5gb,,,, prtnyaannya, yang system itu apa sih g bs cara hapusnya

    ReplyDelete
  10. hp saya lenovo a1000, memory tersedia 200mb lebih dan ram terpakai juga tidak banyak.. tetapi saat ingin menginstal aplikasi baru, Kayak gitu... ada yang punya solusi ?

    ReplyDelete
  11. Gak di jawab ya, gmn solusinya buat Lenovo a7000,,, jd nyesel dulu beli HP ini

    ReplyDelete
  12. Gak di jawab ya, gmn solusinya buat Lenovo a7000,,, jd nyesel dulu beli HP ini

    ReplyDelete
  13. Eh gw masih ada 1,7 gb internalnya download 90 mb masa gk bisa tolong dong!

    ReplyDelete
    Replies
    1. File download untuk sementara tersimpan di Memory sistem gan. jadi Android ni sama seperti Sistem2 di komputer juga. untuk menyimpan file sementara di C, setelah download selesai baru file tersebut dipindah ke internal storage agan. nah system C di komputer ada juga loh di android. tapi secara visual gak bisa dilihat ssystem C di android. sepertinya system android agan udah hampir FULL

      Delete
  14. Boro2 bwt dowload di playstore, bwt ambil gambar (photo) ajh ga bisa,
    Tulisanya "kartu SD anda kehabisan ruang kosong" padahal memori masih bnyk. Ada yg tau caranya gmna.?

    ReplyDelete
  15. Hp sy experia c6 kapasitas memori besar..baru instal apk sbnyk 4 jln yg ke 5 ruang tidak cukup..soluinya

    ReplyDelete
  16. Saya pake bb z10. Sisa rung masih 1gb, tpi setiap kali mau instal mash ada pemberitauan ruang tidak cukup,pdhl ram 2gb rom 4gb. Sd card 8gb.gimana itu.

    ReplyDelete
  17. Hp saya samsung J3 Pro memori internal free 3,5 GB mau install PUBG ngga bisa hadeuh --" ada yang tau caranya?

    ReplyDelete

 

PAGEVIEWS