Wednesday 4 February 2015

Fitur Android 5.0 Lollipop Terbaru

Sebenarnya Sistem Operasi Android Lollipop ini sudah resmi diluncurkan Google pada 26 oktober 2014 lalu, device pertama yang akan menggunakan sistem operasi terbaru ini tentu saja adalah dari keluarga Nexus, baru kemudian di susul oleh vendor lainya seperti HTC, Sony, Samsung, Motorola, LG, dan Asus yang jadwal peluncurannya masih belum ada kepastian. Anehnya Android Lollipop ini malah sudah digunakan oleh device Android kelas menengah yang masuk kedalam project "Android One", memangnya apa saja sih fitur dari Android 5.0 Lollipop Terbaru ini? mari kita bahas.

Fitur Android 5.0 Lollipop Terbaru

Fitur Android 5.0 Lollipop Terbaru
Desain Android Lollipop

Desain
Android 5.0 Lollipop terbaru ini mengusung konsep tampilan yang disebut "material design", dengan tampilan warna-warna flat yang terlihat menarik dan simple serta elegan, selain itu mereka mengklaim bahwa dengan konsep "material design" ini membuatnya lebih responsif dan smooth.

Fitur Android 5.0 Lollipop Terbaru
Shortcut/Most Recent Android Lollipop

Shortcut/Most Recent
Ada sesuatu yang menarik dari tampilan shortcut/most recent pada Andoid Lollipop ini, tampilannya seperti tumpukan kartu remi, hal ini mirip dengan tampilan tab pada aplikasi browser google chrome versi mobile dan safari pada iOS7.

Fitur Android 5.0 Lollipop Terbaru
Quick SEttings Android Lollipop

Quick Settings
Hal yang paling menonjol dari quick settings Android Lollipop adalah animasi ketika di slide kebawah, namun begitu beberapa pengguna merasa tidak nyaman dengan fitur baru quick settings ini, karena untuk melihat pengaturan lain kita harus melakukan slide kebawah dua kali.

Keamanan
Meskipun sistem operasi Android Lollipop ini sudah berjalan di SELinux yang terkenal anti malware, namun sistem terbaru ini juga akan dilengkapi dengan fitur "Smart Lock" , yaitu sistem keamamanan yang melibatkan dua perangkat, dimana perangkat tersebut hanya bisa di akses dari perangkat lainnya yang telah terintegrasi.

Fitur Android 5.0 Lollipop Terbaru
Notifikasi Android Lollipop
Notifikasi
Sejak dari kemunculan Android pertama sistem notifikasi ini selalu menjadi hal penting bagi sebuah smartphone, dalam update sistem terbarunya ini , kita bisa mengakses notifikasi meskipun device dalam keadaan terkunci, selain itu kita juga bisa mengatur notifikasi mana saja yang akan dimunculkan, karena sudah ada fitur "Priority" yang kurang lebih mirip dengan fitur "Do Not Disturb" nya iOS.

Device Sharing
Dengan menggunakan sistem operasi terbaru ini, kita akan lebih mudah untuk melakukan interaksi terutama file sharing dengan berbagai perangkat lainnya, bahkan kita juga bisa berbagi tampilan layar dengan perangkat yang sama-sama menggunakan sistem operasi Android.

Runtime and Performance
Android Lollipop terbaru ini sudah menggunakan run time yang di sebut ART dan di klaim mampu membuat kinerja aplikasi lebih responsif serta mampu meningkatkan performa dari sebuah smartphone sebesar 4x (empat kali lipat).

Baterai
Nah, fitur yang terakhir ini yang di gadang-gadang akan menjadi solusi dari masalah borosnya baterai pada sistem operasi Android. yaitu fitur "Lazy First", dimana fitur ini akan mengurutkan tugas-tugas yang harus dilakukan dari komponen smartphone seperti Processor, RAM, dan GPU. Dengan begitu maka smartphone akan melakukan pekerjaan sesuai prioritas dari sebuah aplikasi, mengerjakan hal yang penting-penting dulu sembari menunda tugas yang kurang penting, hal ini berbeda dari metode "first come first serve" yang selama ini dianut oleh sistem Android. Selain itu Android Lollipop juga akan memberikan notififikasi khusus terkait lama waktu dari daya baterai yang tersisa serta perkiraan lama waktu pengisisan untuk men-charge baterai sampe penuh.

Demikian tadi ulasan mengenai Fitur Android 5.0 Lollipop Terbaru, jangan lupa kunjungi teknotipsntrick untuk mendapatkan berita terbaru serta tips menarik dari dunia teknologi, semoga bermanfaat.





Fitur Android 5.0 Lollipop Terbaru Rating: 4.5 Diposkan Oleh: L. Arif Rahmadi

0 comments:

Post a Comment

 

PAGEVIEWS