Tuesday 7 April 2015

Penyebab Kuota Internet Smartphone Cepat Habis

penyebab kuota internet cepat habis
mobile data monitor

Era komunikasi pada jaman sekarang ini sudah mulai berubah dari yang awalnya hanya sekedar berkirim pesan via sms atau melakukan pembicaraan melalui telpon, kini sudah mulai digantikan dengan berbagai aplikasi perpesanan instan seperti bbm dan whatsapp. Bahkan tidak hanya fitur berkirim pesan saja, namun fitur video call pun mampu dilakukan dari aplikasi tersebut.

Untuk menggunakan fitur tersebut, tentu saja ada harga yang harus dibayar yakni smartphone kita harus berlangganan kuota internet atau paket data. Bagi beberapa orang yang tempat kerja mereka menyediakan fasilitas wifi gratis mungkin tidak akan terlalu pusing dengan masalah kuota internet, namun bagi mereka yang setiap hari komunikasi dengan mengandalkan paket internet atau kuota data layanan kartu operator seluler, sepertinya perlu memperhatikan hal-hal yang menyebabkan kuota internet smartphone cepat habis.

Penyebab Kuota Internet Smartphone Cepat Habis

1. Perhatikan jumlah aplikasi yang terinstal di smartphone Anda.
Semakin banyak aplikasi yang terintsal dalam sebuah smartphone, maka kemungkinan penggunaan data internet pun semakin besar, khususnya aplikasi yang gratis dan dipasangi iklan, nah, ketika kita membuka sebuah aplikasi gratisan dan terhubung dengan koneksi internet, maka aplikasi tersebut akan secara otomatis melakukan loading data untuk menampilkan iklan, dan kuota internet pun akan berkurang.
penyebab kuota internet cepat habis
aplikasi android


2. Periksa pengaturan Auto Sync Data.
Auto Sync data yang saya maksud disini adalah syncronisasi otomatis dari sebuah aplikasi secara real time, contoh seperti akun gmail pada android, ketika fitur auto sync kita aktifkan, maka aplikasi tersebut akan melakukan sync data setiap saat, sehingga perlahan tapi pasti kuota internet Anda akan berkurang, jika memang Anda tidak sedang menunggu email penting, sebaiknya et menjadi manual saja.

3.Penggunaan aplikasi mobile social media.
Aplikasi social media khusus mobile seperti facebook, instagram, path, dan twitter merupakan salah satu pemakan kuota internet yang cukup rakus, karena mereka bekerja secara real time untuk menampilkan notifikasi, jika memang dirasa Anda tidak begitu aktif dalam social media, maka gunakan saja aplikasi browser seperti Opera Mini atau UC Browser untuk membuka akun social media Anda.
penyebab kuota internet cepat habis
aplikasi social media


4. Game dengan fitur online player.
Game dengan kualitas grafik tinggi biasanya mempunyai fitur yang sangat lengkap, seperti Asphalt 8 dan Modern Combat 5, bahkan untuk memainkannya kita harus terhubung dengan koneksi internet, data transfer ketika memainkan game ini bisa mencapai 1Mb per menit, bayangkan saja jika kita memainkan game tersebut setengah jam setiap hari selama satu minggu, sudah berapa ratus mega yang di habiskan hanya untuk memainkan sebuah game.
penyebab kuota internet cepat habis
Game HD

5. Streaming video atau musik.
Streaming merupakan cara tercepat untuk menghabiskan kuota internet Anda, apabila kuota internet Anda terbatas, jangan sekali kali melakukan streaming dari sebuah smartphone jika tidak ingin kebobolan kuota.

Penyebab Kuota Internet Smartphone Cepat Habis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: L. Arif Rahmadi

0 comments:

Post a Comment

 

PAGEVIEWS