Thursday 9 April 2015

Memory Card Yang Sesuai Untuk Smartphone

memory card yang bagus untuk smartphone tablet kamera
Memory Card

Meski sekarang ini sudah banyak vendor pembuat smartphone yang mulai berbaik hati untuk memberikan ruang penyimpanan internal memory yang cukup besar pada produksi smartphone mereka, namun rasanya para pengguna masih belum cukup puas dengan kapasitas penyimpanan yang telah diberikan. Atau mungkin karena memang mereka lebih suka menaruh data-data pada external memory, sehingga lebih gampang di akses jika sewaktu waktu dibutuhkan.

Dengan begitu banyaknya merk dan jenis Memory Card di pasaran, tak jarang membuat kita bingung untuk memilih Memory Card mana yang berkualitas bagus, perlu di pahami bahwa Memory Card yang digunakan pada sebuah smartphone itu bukan sekedar tempat untuk penyimpanan saja, namun juga merupakan bagian dari sebuah system smartphone ketika kita meletakkan lokasi instal aplikasi pada Memory Card. Jadi ketika kita memilih kualitas Memory Card yang buruk, kemungkinan untuk terjadinya error atau hank pada smartphone akan lebih tinggi.

Cara Memilih Memory Card Yang Sesuai Untuk Smartphone

1. Ketahui dulu batasan maksimal dari kapasitas penyimpanan external yang di perbolehkan oleh smartphone Anda, dan jangan sampai melebihi kapasitas yang telah dianjurkan, hal ini akan berpengaruh kepada beban kerja smartphone untuk melakukan akses ke external memory.

2. Pilih Brand yang berani memberikan garansi pada produknya, hal ini penting jika ternyata memory yang baru saja Anda beli mengalami masalah, selama ini saya pribadi selalu menggunakan memory card produksi dari SanDisk atau Transcend, selain dari merk tersebut Anda juga bisa menggunakan memory card produksi Samsung dan Toshiba.

3. Selain dari brand atau merk yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah Class dari memory tersebut, Class pada memory card biasanya digunakan untuk menunjukkan kecepatan transfer data, untuk mengetahui Class nya, kita bisa perhatikan pada body memory card yang biasanya dituliskan dengan hruf C melingkar dan ada angka kecil di dalamnya.

memory card yang bagus untuk smartphone tablet kamera
Micro SDHC


Class yang umum digunakan:
- Class 2 memiliki kecepatan transfer rate minimum 2MB/s
- Class 4 memiliki kecepatan transfer rate minimum 4MB/s
- Class 6 memiliki kecepatan transfer rate minimum 6MB/s
- Class 10 memiliki kecepatan transfer rate minimum 10MB/s

Untuk sekedar menyimpan file mp3, foto, dan pemutar video resolusi kecil, memory dengan Class 6 sudah cukup bagus untuk digunakan, berbeda dengan Anda yang hobi berburu foto dan rekam video dengan resolusi tinggi, maka untuk mendapatkan hasil yang maximal wajib menggunakan memory Class 10.

Memory Card Yang Sesuai Untuk Smartphone Rating: 4.5 Diposkan Oleh: L. Arif Rahmadi

0 comments:

Post a Comment

 

PAGEVIEWS