Monday 30 March 2015

Ponsel Anda Terendam Air? Begini Cara Mengatasinya

cara mengatasi ponsel terkena air
cara mengatasi ponsel terkena air

Peran teknologi komunikasi dalam kehidupan sehari hari saat ini telah membuat banyak orang tidak bisa dipisahkan dari ponsel nya, bahkan sampai masuk kamar mandi pun ponselnya selalu nempel di badan, he,he,he, kebiasaan ini tidak jarang mengakibatkan ponsel kesayangan kita terkena air secara tidak sengaja, kalau cuma kena cipratan sih gak jadi masalah, nah kalau sampai terendam? berikut ini adalah pertolongan pertama cara mengatasi ponsel yang terendam air.

Cara Mengatasi Ponsel Terendam Air

1. Segera angkat ponsel dari dalam air.
Hal ini dilakukan untuk mencegah resapan air masuk lebih dalam membasahi komponen penting dalam ponsel sehingga bisa mengakibatkan malfungsion atau tidak berfungsinya suatu komponen akibat konsleting.

2. Jangan pernah mencoba menyalakan ponsel Anda.
Langkah yang kedua jangan terburu-buru mencoba menghidupkan ponsel Anda, ini adalah hal yang paling haram untuk dilakukan ketika kondisi ponsel Anda terkena Air, sebaliknya hal yang harus Anda lakukan lakukan adalah segera melepas baterai, simcard, memory card dan melepas casingnya apabila hal itu mungkin untuk dilakukan, lalu keringkan bagian luar dengan handuk atau kain lap yang bisa menyerap air untuk mengeringkan bagian luar ponsel.

cara mengatasi ponsel terendam air
bongkar ponsel (img: wikihow.com)


3. Gunakan alat penyedot debu atau vaccum cleaner.
Penggunaan alat ini bertujuan untuk menarik keluar cairan yang ada di dalam dan di sela-sela komponen ponsel, jangan pernah gunakan Hair Dryer untuk mengeringkan ponsel Anda, karena Hair Dryer sifatnya adalah meniup, bukan menyedot.

cara mengatasi ponsel terendam air
keringkan ponsel (img: wikihow.com)


4. Masukkan ponsel kedalam beras.
Salah satu media penyerapan air yang mudah di dapatkan dan bagus adalah beras, masukkan saja ponsel yang terendam air tadi kedalam tumpukan beras, untuk hasil yang maksimal silahkan putarlah posisi ponsel setiap beberapa jam agar penyerapan bisa merata, selain itu untuk memastikan semua air telah terserap keluar maka diamkan ponsel didalam beras selama satu hari.

cara mengatasi ponsel terendam air
masukkan ponsel kedalam beras (img: ttopsoft.com)


5. Coba hidupkan ponsel Anda.
Sebelum Anda menghidupkan ponsel, ada baiknya untuk melakukan pengecekan lagi terhadap seluruh komponen ponsel apakah sudah benar benar kering, apabila dirasa sudah cukup kering, silahkan nyalakan ponsel nya. Apabila dengan cara diatas ponsel tidak mau menyala, maka lebih baik Anda bawa ketempat service.

Itulah sedikit tips pertolongan pertama mengatasi ponsel yang terkena/terendam air, semoga bermanfaat.

Ponsel Anda Terendam Air? Begini Cara Mengatasinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: L. Arif Rahmadi

0 comments:

Post a Comment

 

PAGEVIEWS