Friday 23 January 2015

Tips Charging Smartphone Agar Baterai Awet

Tips Charging Smartphone Agar Baterai Awet
Tips Charging Smartphone Agar Baterai Awet

Baterai adalah salah satu faktor penting untuk perangkat elektronik terutama smartphone yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk mempermudah komunikasi dimanapun kita berada. Namun sayangnya rata rata smartphone saat ini hanya mampu digunakan tidak lebih dari 6 jam untuk penggunaan yang cukup intens seperti telpon, sms, chat, email dan social media.

Dalam postingan sebelumnya, saya telah membahas mengenai cara menghemat baterai smartphone tanpa aplikasi yang mungkin bisa anda terapkan untuk lebih mengoptimalkan penggunaan daya smartphone anda. Selain itu ada faktor lain yang menentukan ketahanan baterai agar tetap awet dan tidak gampang drop, yaitu mengenai cara perlakuan kita terhadap pengisian ulang baterai pada smartphone atau charging. Berikut beberapa tips mengenai cara melakukan pengisian daya pada smartphone yang baik dan benar supaya baterai awet.

Tips Charging Smartphone Agar Baterai Awet

1. Jangan pernah membiarkan smartphone anda kehabisan baterai sampai mati, sebagian besar produsen smartphone saat ini sudah menggunakan tipe baterai Lithium ion untuk produk smartphone mereka. Jenis baterai Lithium ion (Li-ion) ini berbeda dengan tipe Nicd atau Nimh yang memang cara pengisiannya harus dikuras habis baru di charge ulang, maka untuk smartphone dengan baterai jenis Lithium ion (Li-ion) sebaiknya isi ulang smartphone anda ketika indikator baterai sudah menunjukkan angka 20% atau sebelum itu.

Namun untuk keperluan kalibrasi baterai, sekali waktu anda juga harus menguras baterai sampai habis baru mengisinya kembali, tentu saja hal ini boleh anda lakukan setidaknya sebulan sekali.

2.Perhatikan suhu tempat anda menyimpan smartphone, baterai jenis lithium ion idealnya berada pada suhu 15 derajat, suhu yang terlalu panas dapat mengakibatkan kerusakan pada sel baterai sehingga menjadikan pengisian tidak optimal serta umur baterai yang pendek.

3.Jangan biasakan mengisi baterai smartphone anda ketika anda akan tidur, hal ini memungkinkan overcharging atau pengisian daya berlebihan karena anda mebiarkan baterai anda terus terhubung dengan socket listrik sementara indikator sudah full. Meskipun beberapa adaptor charger sudah dilengkapi dengan sistem auto stop ketika pengisian sudah mencapai 100%, namun sebaiknya kebiasaan ini harus dihindari karena akan memperendek umur baterai itu sendiri.

4. Hindari penggunaan powerbank dengan kualitas abal abal, beberapa powerbank yang beredar dipasaran banyak yang dijual dengan harga murah, tentu saja ini sebanding dengan kualitasnya, untuk menghindari tegangan yang tidak stabil masuk kedalam smartphone anda, maka sebaiknya penggunaan powerbank di minimalkan, kecuali memang anda sedang berada di area yang tidak memungkinkan koneksi listrik. Meskipun begitu usahakan carilah powerbank yang memiliki kuaitas terbaik.

Itulah beberapa tips charging smartphone agar baterai awet. Pastikan selalu kunjungi teknotipsntrick untuk mendapatkan berbagai tips dan trik menarik seputar dunia teknologi.

Tips Charging Smartphone Agar Baterai Awet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: L. Arif Rahmadi

0 comments:

Post a Comment

 

PAGEVIEWS