Friday 16 January 2015

Cara Mengatasi Windows 7 Tidak Bisa Logon

Cara Mengatasi Windows 7 Tidak Bisa Logon
Cara Mengatasi Windows 7 Tidak Bisa Logon


Beberapa hari yang lalu saya mendapatkan pasien laptop compaq presario dengan sistim operasi windows 7 yang mengalami maslah tidak bisa logon. Ketika dinyalakan laptop masih bisa booting normal sampai ke logon screen, namun ketika password sudah di masukkan dan pencet logon, laptop restart tanpa pesan eror dan kembali ke logon screen.

Setelah googling kesana kemari ternyata masalah ini memang biasa ditemukan pada para pengguna komputer dengan sistim operasi windows, namun masalah yang saya temui ini sedikit berbeda, biasannya kasus gagal logon ini disertai dengan pesan erorr "the user profile service failed the logon, user profile cannot be loaded". Sedangkan pada kasus saya tidak ada pesan erorr sama sekali. Masalah seperti ini bisa terjadi karena virus atau ada data pada sistem yang bermasalah.

Untuk masalah gagal logon dengan pesan error "the user profile service failed the logon, user profile cannot be loaded" bisa diperbaiki dengan 2 cara, yaitu:

1. Menggunakan fasilitas "repair your computer" yang bisa di temukan pada CD bootable windows atau USB bootable jika anda menggunakan media Flashdisk sebagai bootable Windows nya.

2. Menggunakan fasilitas "registry editor" melalui safe mode.

Dalam kasus ini saya lebih suka menggunakan cara kedua karena lebih mudah dan tanpa membutuhkan master windowsnya. Ada 2 cara yang bisa di terapkan melalui fitur Safe Mode ini.

Cara Pertama :

  • Restart Windows dan sambil tekan tombol F8 (tekan secara berulang) pada keyboard untuk masuk ke Safe Mode.
  • Pada Safe Mode ini kita bisa melakukan login seperti biasa.
  • Setelah berhasil masuk ke dekstop, klik start menu, pada kolom search ketik regedit kemudian Enter.
Ketika halaman registry editor terbuka, cari kata HKEY_LOCAL_MACHINE_/SOFTWARE/Microsoft/WindowsNT/Current/Version/ProfileList maka tampilannya akan jadi seperti ini.

Cara Mengatasi Windows 7 Tidak Bisa Logon
Cara Mengatasi Windows 7 Tidak Bisa Logon


  •  Perhatikan folder dengan awalan S-1-5, ada dua folder dengan awalan yang sama, pilih yang berakhiran .bak
  • Pilih folder berakhiran .bak kemudian klik kanan pada folder tersebut rename dan hapus akhiran .bak
  • Selanjutnya klik kanan lagi pada folder yang tidak ada akhiran .bak dan rename menjadi .bk
  • Klik pada folder tanpa .bak dan perhatikan sisi sebelah kanan, dobel klik pada tulisan RefCount dan ketik 0 (nol) pada value data, lakukan hal yang sama pada kata State isi value dengan 0
  • Namun jika ternyata Anda tidak menemukan folder dengan akhiran .bak, atau hanya ada satu folder yang memiliki awalan S-1-5 ,Anda dapat mencoba cara lain yaitu dengan Command Prompt (cmd)
  • Caranya pencet tombol logo windows pada keyboard + tombol R, setelah muncul kotak run ketikkan cmd dan Enter.
  • Setelah masuk cmd ketikkan perintah berikut: net user administrator /active:yes setelah muncul pesan the command active succesfully silahkan restart dan login seperti biasa.
Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi gagal logon pada windows 7. Untuk meminimalisir error yang sering terjadi pada sistem operasi Windows, sebaiknya selalu update Antivirus Anda, silahkan baca artikel saya mengenai software Antivirus terbaik untuk windows terbaru 2015. Semoga bermanfaat.

Cara Mengatasi Windows 7 Tidak Bisa Logon Rating: 4.5 Diposkan Oleh: L. Arif Rahmadi

36 comments:

  1. Selamat malam, info ini lebih update dari yg lain soal kesulitan login. Masalahnya utk kasus yg terjadi pd saya ini adalah kali kedua. Jadi ketika saya masuk langkah mau mengganti folder yg .bak dan .bk tidak bisa krn folder tersebut sdh ada sebelumnya, yg sy ubah saat kejadian pertama. Pertanyaan saya bagaimana cara mengatasinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ubah lebih dulu yang tanpa akhiran. Bak nya, dengan cara tambahin .Bk, setelah itu baru hapus yang ad akhiran .bak nya.

      Delete
  2. Jadi terdapat 3 folder S-1-5- pd kasus saya yg beda di akhirnya yaitu tanpa .bak, dengan .bak, dan yg berakhiran .bk
    Krn itu sy tdk bisa hapus .bak maupun ganti .bk
    Bila dilakukan responnya Error Renaming Key
    "The registry Editor cannot rename S-1-5..... .bak. The specified key name already exists. Type another name and try again."
    Mohon bantuannya mengatasi tahap ini. Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Utk yg tanpa akhiran : klik kanan lalu delete (hapus). Tersisa 2 kan? (Dg akhiran .bak dan berakhiran .bk) Langkah selanjutnya ikuti saran dari laman ini. Insyaalloh berhasil! Yeah!

      Delete
    2. Saya ngga bisa, ada 3 folder, yang folder tanpa akhiran udah di hapus.

      Delete
    3. Sebelumnya emg pernah gini, tp pas pertama cuma ada 2 folder. Nah yg sekarang(kedua kali) malah ada 3 folder

      Delete
    4. Saya mengalami kejadian yang sama yaitu gagal logon.. Tpi saya tidak bisa menghapus yang ada bak dan merename yg tidak ada bak nya ya? Mohon penjelasannya.. Terimakasih

      Delete
    5. Jangan hapus tanda titikx mbak.. Cukup huruf bak sja.

      Delete
  3. Cara Command Prompt (cmd) sdh saya coba namun tetap tidak berhasil.

    ReplyDelete
  4. Terimakasih sangat membantu, sudah berhasil saya coba

    ReplyDelete
  5. Thnk for your shre .. brmnfaat bnget

    ReplyDelete
  6. Kok saya tekan f8 berkalikali gk ad respond ya??

    ReplyDelete
  7. Kok saya tekan f8 berkalikali gk ad respond ya??

    ReplyDelete
  8. Kok saya tekan f8 berkalikali gk ad respond ya??

    ReplyDelete
  9. Terima kasih banyak. Semoga amal baik ini diberikan balasan yang beribu ribu lebih banyak rezekinya

    ReplyDelete
  10. Bagi yang file nya ngga bisa di rename coba saja yang pakai cmd malah lebih mudah. Catatan saja untuk penulisannya setelah "administrator" itu ada spasinya. Saya coba ngga bisa karena tidak saya kasih spasi, setelah tak kasih spasi berhasil kok

    ReplyDelete
  11. Setelah sy lakukan langkah - langkah diatas dan telah berhasil stelah sy cari data saya di dokumen dan download semuanya hilang apakah bisa dikembalikan data - data saya. mohon bantuannya

    ReplyDelete
  12. Terimaksih sangat membntu sekali amal dan ilmu yg bermanfaat...
    Untuk bisa d gunakan ucer yg sebelum nya gimana gan?

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah Bisa dengan perintah di cmd.. Lebih cepat.. Trimakasih Atas pencerahannya.. Semoga dicatat sebagai amal..Aamiin

    ReplyDelete
  14. Berhasiiillll.... terimakasih pak. Barusan ngalamin ky gini persis banget sy ikuti langkah2nya. Akhirny komputer sy bisa login. Tadiny Sempt was2 trus browsing dan terdamparlah disini..hehe.. terimaksih semoga bermanfaat untuk yg lain.

    ReplyDelete
  15. Bosku file datanya kok hilang smua bosku. Gmana .nich

    ReplyDelete
  16. Enter your comment...saya sdh tak coba tekan tekan f8 koq ga ada respon ya...
    minta sarannya bos.

    ReplyDelete
  17. Terima kasih informasinya, tpi file yg di document smndownload jd ilang ya ?

    ReplyDelete
  18. maaf mas, saya malah foldernya ada 4 gimana ya? yang pertama tanpa akhiran, yang kedua .bak, yang ketiga .bakk yang keempat .bkk itu gimana ya mas?

    ReplyDelete
  19. Makasi ka sangat membantu dan file yg ada pun tidak hilang, terima kasih banyak kaa sukses selalu 🙏👍

    ReplyDelete
  20. Thanks bro, sudah bisa, saya pake yg cmd

    ReplyDelete
  21. Laptop saya windows 7 tapi selalu gagal dalam membuka aplikasi...mohon solusinya..terima kasih.


    ReplyDelete

 

PAGEVIEWS